10 Hal yang Mungkin Belum Kamu Tahu Tentang Sumo

10 Hal yang Mungkin Belum Kamu Tahu Tentang SumoDunia Sumo sedikit misterius bahkan untuk orang Jepang sendiri. Berikut beberapa hal yang mungkin baru kamu ketahui tentang olahraga ini :

1. Gaijin boleh ikut Sumo professional

Banyak dari pesaing top di Sumo profesional merupakan orang asing (Gaijin). 10 Hal yang Mungkin Belum Kamu Tahu Tentang SumoTidak ada batasan jumlah untuk pegulat Sumo asing di Sumo professional. Pada tahun 1992, sebuah rumah sumo merekrut 6 orang Mongolia pada waktu yang sama, hal ini menimbulkan masalah. Asosiasi Sumo mempertimbangkan untuk membatasi jumlah orang asing per rumah Sumo. Mereka merespon hal tersebut dengan moratorium selama 6 tahun dalam merekrut orang asing.

Sekarang, Asosiasi Sumo telah secara tegas membatasi jumlah pegulat asing (diartikan lahir di luar Jepang), yaitu 1 orang per rumah Sumo. Meskipun begitu, masih ada sekitar 15 – 20 orang asing di Sumo professional.

Ada sebuah aturan tidak tertulis yang mengharuskan para pesumo asing harus bisa berbahasa Jepang dan paham akan kebudayaan Jepang.

2. Pesumo menari

Ritual memasuki ring pertandingan mirip seperti sebuah tarian. 10 Hal yang Mungkin Belum Kamu Tahu Tentang SumoKetika masuk ring, para pesumo menepukkan tangannya dan menghentakkan kakinya sehingga terlihat seperti sedang menari. Para pesumo menatap satu sama lain dan menepukkan tangannya lagi. Mereka merentangkan tangannya untuk menunjukkan kalau mereka tidak bersenjata.

3. Berusia di bawah 50 tahun dan menyukai Sumo, jarang ada 10 Hal yang Mungkin Belum Kamu Tahu Tentang SumoGenerasi muda Jepang lebih tertarik dengan sepak bola dan baseball. Umur rata-rata penonton di sebuah pertandingan Sumo profesional lebih dari 50 tahun.

4. Yakuza suka Sumo 10 Hal yang Mungkin Belum Kamu Tahu Tentang SumoYakuza jarang sekali muncul di TV. Pada tahun 2010, sekitar 50 tempat duduk telah dipesan oleh Yamaguchi-gumi (grup Yakuza terbesar) pada sebuah pertandingan suma yang ditayangkan di TV. Rumor mengatakan bahwa mereka melakukannya untuk menghibur bos mereka yang sedang menonton pertandingan tersebut dari penjara.

5. Wanita tidak diizinkan masuk ring 10 Hal yang Mungkin Belum Kamu Tahu Tentang SumoAsosiasi Sumo tidak mengizinkan wanita masuk ke dalam ring Sumo. Sebagai contoh, gubernur Osaka biasanya masuk ke dalam ring untuk memberikan penghargaan di turnamen Sumo Osaka. Namun, ketika Gubernur Osaka terpilih adalah seorang wanita (Fusae Ohta), dia tidak diizinkan untuk masuk. Secara sejarah, dulunya ada tradisi dari Sumo wanita di beberapa kuil Shinto.

6. Para pesumo harus bergaya hidup tradisional

Atlit Sumo diminta untuk hidup di dalam rumah berlatih. Mereka harus berpakaian tradisional khas Jepang setiap waktu. Setiap aspek dari kehidupan mereka diatur secara ketat.

7. Sumo berasal dari kuil

Sumo aslinya dari ritual agama Shinto, dimana seorang manusia bergulat dengan dewa. Terdapat ring – ring Sumo di banyak kuil di Jepang.

8. Fans Sumo mengekspresikan kekecewaan dengan melempar bantal

Penonton pertandingan Sumo duduk di atas bantal tipis. Ketika mereka kecewa dengan hasil pertandingan, mereka melempar bantal tersebut.

9. Kappa bisa Sumo 10 Hal yang Mungkin Belum Kamu Tahu Tentang SumoKappa adalah monster mistis dari sungai Jepang. Menurut legenda, Kappa sering menantang manusia untuk bersumo. Karena badan yang kecil, mereka sering menantang anak kecil.

10. Pesumo sebelumnya tidak gemuk

Sebelum menggeluti Sumo, mereka tidaklah gemuk. Seiring berjalan waktu dan kepentingan untuk pertandingan, badan mereka semakin membesar.

10 Hal yang Mungkin Belum Kamu Tahu Tentang Sumo | Moh Rizky | 4.5