5 Kutukan di Dunia Sepakbola versi Dicuekin.com

kutukan di dunia sepakbolaDicuekin.com − Saat ini hampir semua kalangan membicarakan sepakbola, tetapi tahukah anda jika ternyata rumor dan kutukan juga terjadi dalam dunia sepakbola. Mulai dari kutukan Seputar Piala Dunia, kutukan mantan pelatih suatu klub hingga cerita tentang fans si pembawa sial. Seperti apa kutukan di dunia sepakbola?

Berikut 5 Kutukan di Dunia Sepakbola versi Dicuekin.com:


5. Wasit Cakir Si Pembawa Sial Manchester United
Kutukan dalam dunia sepakbola nani cakir manchester unitedKlub Manchester United tidak pernah mendapatkan hasil apik di setiap pertandingan yang dipimpin wasit asal Turki Cuneyt Cakir. Kekalahan MU dari Real Madrid di leg kedua babak 16 besar Liga Champions Maret 2013, kian memperpanjang catatan buruk itu. MU tersingkir dari pentas kompetisi elit ini setelah Cakir mengganjar kartu merah kepada Luis Nani. Wasit yang juga pegawai asuransi ini mengusir Nani karena dinilai mengangkat kaki terlalu tinggi sehingga mencederai bek Madrid Alvaro Arbeloa. Jelas, keputusan ini membuat berang manajer MU saat itu Sir Alex Ferguson. Setelah diusirnya Nani, MU menerima gempuran bertubi-tubi dari Madrid. Alhasil gawang MU yang dikawal De Gea pun kebobolan dua kali dan gagal melangkah ke delapan besar.

Selain laga ini MU masih memiliki beberapa catatan tak mengesankan bila Cakir yang memimpin pertandingan mereka. Saat menghadapi Atletico Bilbao di leg kedua babak 16 besar Liga Eropa musim 2011/2012 MU takluk 1-2 sehingga gagal ke perempatfinal. Sebelum memimpin laga itu Cakir sempat menjadi wasit dipertandingan MU melawan Benfica pada penyisihan fase grup C Liga Champions 2011/2012. Dan pada duel itu Wayne Rooney dkk gagal memetik poin sempurna mereka hanya mampu bermain imbang 2-2.
Baca juga 5 Pemain Sepak Bola Yang Sering “Diving”.


4. Kutukan Guttman, Benfica Tak Akan Juara Eropa
bela guttman kutukan di dunia sepakbola benficaBenfica adalah salah satu tim raksasa eropa asal Portugal yang justru melempem di eropa dalam lima dekade terakhir. Setelah mendapatkan tropi Piala Champions (UCL) edisi 1961 hingga 1963 mereka tak sanggup lagi menamcapkan kuku di area kompetisi bergengsi antar benua biru ini. Seluruh pemain dan pendukung Benfica mendapat bayang-bayang kegagalan saat berada di partai puncak, kepercayaan mistik pun beredar. Lantaran semua kegagalan ini bisa jadi merupakan kutukan Bela Guttman. Guttman adalah pelatih yang mengantarkan Benfica merahi 2 gelar Piala Champions. Pria asal Hungaria ini harus meninggalkan klub setelah manajeman klub menolak menaikkan gaji sebagai bentuk apresiasi. Saat pergi dari klub ia berkata, “Benfica tidak akan memenangkan gelar Piala Eropa dalam waktu 100 tahun”. Entah benar atau tidak, namun fakta menunjukkan dalam rentang waktu 50 tahun terakhir, Benfica tak kunjung meraih satupun gelar di eropa. Benfica gagal meraih gelar di kompetisi Liga Eropa setelah kalah dari Chelsea di final 2013.

Berbagai upaya sebenarnya sudah dilakukan untuk menghapus kutukan ini, manajemen klub meresmikan patung Guttman di depan Stadium of Light dan berkunjung ke makam Guttman di Viena, Austia. Namun sepetinya kutukan ini masih terus menempel. Fakta terbaru Benfica kembali memperpanjang kutukan Guttman. Pada final Piala Liga Eropa 2014 yang berlangsung di kota Turin, Italia 14 Mei 2014 lalu, Benfica kembalik takluk di partai final. Adalah tim dari Spanyol Sevilla yang memperpanjang rekor kutukan Guttman di Eropa. Benfica pun pulang tanpa gelar.


3. Gol Aaron Ramsey dan Kematian Tokoh Dunia
kutukan gol ramsey di dunia sepakbolaTentu saja terjadinya kematian Paul Walker dan gol yang dicetak Ramsey hanya kebetulan belaka tapi sebagian orang mengaitkannya satu dengan yang lain. Bintang Fast and Furious ini tewas dalam kecelakaan setelah Aaron Ramsey mencetak gol untuk Arsenal saat melawan Cardiff City November 2013. Kejadian ini mengingatkan sepakbola akan mitos yang disebut kutukan gol Ramsey. Kutukan gol Ramsey dipercaya akan terjadi jika ia mencetak gol untuk Arsenal disebuah laga penting. Ketika pria asal Wales ini membukukan skor maka akan ada salah satu tokoh kenamaan meninggal dunia dalam hitungan jam atau hari. Mitos ini ulai berkembang 2011.

Pada 1 Mei 2011 Ramsey menjadi menentu kemenangan Arsenal atas Manchester United dan satu hari berselang Pemimpin Al-Qaedah Osama Bin Laden tewas. Usai Osama, gol Ramsey dipercaya memakan korban Oktober 2011. Ramsey membekukan satu gol ketika Arsenal jumpa Tottenham Hotspur pada laga derby London Utara 2 oktober 2011 dan tiga hari berselang maestro teknologi dunia Steve Job meninggal karena sakit. Pada 19 Oktober 2011 Ramsey mencetak gol ke gawang Marseille di Liga Champions dan sehari setelahnya Muamar Khadafi tewas. 11 Februari 2012 Ramsey mencetak gol ke gawang Sunderland dan beberapa jam kemudian penyanyi kenamaan Amerika Serikat Whitney Houston meninggal. Atas fakta-fakta ini publik mulai menjuluki Ramsey bagai “Shinigami”. Nama ini diambil dari sebuah legenda jepang yang merupakan dewa kematian.


2. Fans Pembawa Sial Para Pemain Sepakbola
fans pembawa sial reus nasri lucas riberySalah satu fans sepakbola ini sepertinya bakal jadi musuh utama bagi para pemain di ajang Piala Dunia, fans yang belum diketahui namanya ini dianggap pembawa sial. Karena membuat 4 pemain gagal berlaga di Piala Dunia 2014. Ia diketahui mengajak berfoto selfie dengan 4 pemain sebelum Piala Dunia 2014 di Brasil digelar. Empat pesepakbola ini adalah Marco Reus, Franck Ribery, Lucas Moura, dan Samir Nasri. Seperti diketahui keempatnya harus mengubur mimpi mereka tampil di turnamen sepakbola terbesar di dunia itu. Ribery dan Reus harus absen hanya beberapa hari sebelum Piala Dunia digelar. Reus mengalami cidera dan harus absen setidaknya tiga bulan setelah memperkuat Jerman di laga pemanasan jelang Piala Dunia. Sedangkan Ribery kondisinya ternyata tak cukup fit untuk turnamen di Brasil ini.

Nasib Nasri lebih tragis, namanya bahkan tak di panggil oleh pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps pun dengan Luca Moura namanya juga tak masuk dalam daftar 23 pemain Prancis untuk Piala Dunia 2014. Melihat kondisi ini bila para pemain bertemu fans ini dan diminta foto bareng mungkin mereka akan menolaknya.
Baca juga 14 Skandal dan Insiden Kontroversial Luis Suarez.


1. Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia
kutukan di dunia sepakbola piala dunia brasil 2014Belanda dan Cili memastikan diri dua tim pertama yang berhasil lolos pada babak penyisihan grup B Piala Dunia 2014. Ini berarti sang juara bertahan Spanyol harus tersingkir hanya dalam dua laga penyisihan grup. Tampil sebagai juara bertahan, Spanyol tampil sangat buruk dipermalukan oleh Belanda dengan skor mencolok 5-1 dan takluk dari Cili dua gol tanpa balas. Dalam sepakbola hal ini dikenal sebagai kutukan juara bertahan Piala Dunia. Setiap juara bertahan di edisi piala dunia sebelumnya jarang mampu memepertahankan gelarnya atau paling tidak perjuangan keras untuk dapat lolos dari babak penyisihan grup. Prancis contohnya, sang juara Piala Dunia 1998 ini harus tersisih dari fase penyisihan grup setelah kalah bersaingan dengan Denmark, Senegal dan Uruguay. Prancis pun berada di posisi buncit grup A.

Begitu juga Italia sang juara bertahan Piala Dunia 2006 secara mengejutkan terseok-seok di fase grup Piala Dunia 2010. Gli Azzuiri akhirnya tersingkir setelah di akhir laga grup F kalah 3-2 dari Slovakia. Akankah kutukan ini berlanjut pada Tim Nasional Jerman di Piala Dunia Rusia 2018 nanti ?. Kita nantikan saja.

5 Kutukan di Dunia Sepakbola versi Dicuekin.com | irfan | 4.5