AHOK Bebas, Para Tokoh Politik Ini Siap Jamin Agar Ahok Dibebaskan

Tokoh Politik Ini Siap Jadi Penjamin Agar Ahok Bebas.

Sejumlah tokoh politik Indonesia siap menjadi jaminan atas surat permohonan penangguhan penahanan terpidana kasus penistaan agama, Basuki Tjahja Purnama (Ahok).

Disebut Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, beberapa tokoh politik itu antara lain Ketua Umum PPP Djan Faridz dan Ketua DPRD DKI Jakarta yang juga ketua tim pemenangan Ahok-Djarot di Pilkada DKI Prasetio Edi Marsudi.

Saya enggak tahu (siapa saja yang jadi penjamin). Banyak katanya. Yang saya tau itu Djan Faridz dan Prasetio Edi, sebut Djarot di Balai Kota Jakarta, Rabu.

Untuk penangguhan penahanan sudah diajukan Djarot, ia berharap Pengadilan Tinggi dapat mengabulkannya.

Kami udah ajukan kemaren. Saya gak tau (diterima atau tidak), moga-moga pengadilan tinggi bisa mengabulkan, ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Djarot menjadikan dirinya sebagai jaminan atas surat permohonan penangguhan penahanan terpidana kasus penistaan agama, Ahok. Djarot mengatakan, dirinya siap menggantikan Ahok di penjara kalau terjadi sesuatu apa bila penangguhan penahanan itu dikabulkan.

Jaminannya saya. Saya atas nama pribadi, maupun atas nama Wakil Gubernur Jakarta, kalau sampai ada apa-apa saya yang akan menjamin. Artinya jaminan itu berarti jaminan menyeluruh termasuk kalau sampai terjadi apa-apa. Jaminan termasuk saya menggantikan di penjara. Ini jaminan seutuhnya, tegas Djarot di Balai Kota, kemarin.

Djarot mengaku, sudah menandatangai surat permohonan jaminan penangguhan penahanan atas Ahok. Ia yakin Ahok akan kooperatif dalam menjalani proses hukum. (Harry Muthahhari)

AHOK Bebas, Para Tokoh Politik Ini Siap Jamin Agar Ahok Dibebaskan | hendri | 4.5