Bahaya Tertawa Berlebihan

Tertawa sangat baik untuk kesehatan dan membuat awet muda. Namun, ketika seseorang mulai tertawa secara berlebihan manfaat yang baik berbalik menjadi bahaya. Beberapa hal yang dapat terjadi ketika tertawa dengan secara berlebihan adalah lepasnya tulang rahang, hernia, hingga kelumpuhan, bahkan kematian mendadak. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.
1. Rahang lepas
Rahang kita punya mekanisme yang unik seperti naik-turun, bahkan juga bisa geser sedikit tetapi bisa kembali ke posisi semula. Apabila tertawa yang terbahak-bahak atau menguap yang berlebihan dapat mengakibatkan lepasnya tulang rahang.
Salah satu upaya untuk mengurangi lepasnya rahang akibat tertawa adalah senam wajah. Tujuannya untuk melatih elastisitas dari tulang wajah. Caranya dengan mengucapkan “a-i-u,e,o”.
2. Hernia
Hernia adalah suatu proses turunnya organ tubuh. Salah satu resiko dari hernia adalah meningkatnya atau naiknya tekanan perut yang diakibatkan oleh tertawa berlebihan.
3. Kematian mendadak
Seseorang dengan riwayat mempunyai penyakit jantung koroner maupun gangguan irama jantung sangat berbahaya jika tertawa berlebihan. Pada penderita jantung koroner atau gangguan irama jantung, tentunya kita fokus pada pembuluh darah. Nah, pembuluh darah itu biasanya tersumbat disebabkan oleh plak, timbunan kolesterol dan lemak jahat. Disaat seseorang tertawa berlebihan bisa saja plak yang menempel pada pembuluh-pembuluh darah di bagian pinggirnya lepas. Saat bagian pinggir plak lepas akan mengakibatkan kematian mendadak pada seseorang yang tertawa berlebihan.
4. Pecahnya pembuluh darah yang berujung kematian.
5. Kelumpuhan bagi penderita narkolepsi atau gangguan tidur.

Bahaya Tertawa Berlebihan | Ririn Indah Kurniawati | 4.5