Cara Menulis Berita

In Bisnis Online, Internet 1641 views

menulisCara Menulis Berita | Menulis berita pada era internet seperti saat ini bukanlah pekerjaan eksklusif. Jika dulu ia selalu didentikkan dengan wartawan profesional, kini para blogger dan penulis freelance juga bisa berkontribusi menyampaikan berita melalui internet. Namun, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan berita. Artinya, kemampuan menulis saja tidak cukup. Ada kaidah-kaidah yang harus diikuti agar berita tidak jatuh kepada fitnah dan adu-domba. (Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menulis)

Pengetahuan dasar tentang jurnalistik bisa dimulai dengan memahami bahwa apa yang harus disampaikan seorang reporter adalah fakta. Seorang penulis berita tidak bisa mengarang fiksi yang seolah-olah terlihat seperti fakta. Ada pertanggungjawaban, baik moral maupun hukum, ketika berita tersebut disampaikan ke publik. Efek yang ditimbulkan bisa berakibat fatal jika menulis berita-berita bohong.

Setidaknya, berita paling ringan harus mengakomodasi unsur 5W+1H (What, Where, When, Why, Who, dan How). Berita semacam ini (disebut juga berita lempang) banyak digunakan oleh media-media online. Kebiasaan orang yang hanya sebentar membaca media online menuntut berita yang ringkas. Kebanyakan netizen emoh dengan tulisan yang panjang. Itulah mengapa mendia online lebih suka memposting berita-berita lempang. (Baca Juga: Cara Menulis Kreatif Ala Raditya Dika)

Seorang reporter juga harus mengecek setiap fakta yang akan ditulis. Ia harus punya sikap kritis terhadapnya. Reporter laiknya seorang anak kecil yang selalu ingin tahu dan ragu-ragu terhadap fakta yang samar. Karena itu, saat akan menulis, ia sudah harus meyakini betul bahwa objek yang ditulisnya sudah sesuai dengan kenyataan.

Dalam proses menuliskan berita, seorang reporter harus menggunakan bahasa yang ringan. Bahasa-bahasa yang rumit akan membuat pembaca merasa bosan dan meninggalkan berita tersebut. Walau sasaran segmen pembaca adalah kaum terpelajar, namun tak menutup kemungkinan ada banyak pembaca lain yang tingkat pendidikannya masih rendah. Apalagi di internet sangat sulit atau bahkan mustahil menentukan segmen pembaca. (Baca Juga: Tips Menulis dari AS Laksana)

Berita lempang harus ditulis dengan teknik piramida terbalik. Artinya, bagian atas adalah informasi yang sangat penting dan mengerucut ke bawah hingga ke bagian yang kurang penting. Hal tersebut untuk memudahkan pembaca mengetahui hal-hal penting terlebih dahulu tanpa harus menuntaskannya ke bagian akhir. Selain itu, juga membantu redaktur untuk memangkas bagian-bagian yang tak perlu disampaikan ke publik.

Demikian sedikit hal mengenai Cara Menulis Berita. Semoga bermanfaat.

Tags: #media #menulis berita #reporter #tips

Author: 
Content Writer | Penyuka Sastra | Blogger | Suka Tidur | www.lalampan.com | @rozijaddung
Cara Mempercepat Internet Dial Up Connection
Cara Mempercepat Internet Dial Up Connection
Ditulis Oleh : Luthfi Tri Atmaja |
Macam-macam Bisnis Online untuk Mahasiswa
Macam-macam Bisnis Online untuk Mahasiswa
Ditulis Oleh = Luthfi Tri Atmaja |
Cara Budidaya Ikan Cupang
Cara Budidaya Ikan Cupang
Ikan cupang banyak digemari karena bentuknya yang
Membuat Kripik Singkong yang Lezat
Membuat Kripik Singkong yang Lezat
Peluang usaha membuat kripik ubi atau singkong

Leave a reply "Cara Menulis Berita"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top