Fakta MIMPI

Mimpi1Mimpi adalah suatu keadaan dimana seseorang melihat atau mengalami suatu kejadian saat tidur. Begitu kira-kira sekilas tentang mimpi. Tapi sudahkah Anda tahu, kalau mimpi yang anda alami saat tidur merupakan bentuk komunikasi antara tubuh, pikiran dan jiwa Anda. Jadi, bisa dikatakan bahwa sebenarnya sepanjang waktu kita bermimpi, bahkan ketika Anda sedang dalam keadaan sadar, walaupun terkadang Anda tak menyadarinya. Namun saat tidur, barulah Anda melihat dengan jelas mimpi Anda.

Ada banyak fakta yang menarik dari mimpi yang mungkin belum masuk dalam koleksi ilmu pengetahuan Anda. Mau tau apa saja ? Silahkan lanjutkan membacanya.

Semua orang bermimpi
Penelitian membuktikan bahwa semua orang mulai dari bayi hingga lanjut usia, pria ataupun wanita 😀 akan mengalami mimpi terkecuali bagi mereka yang memiliki kasus kelainan jiwa yang cukup parah. Dan juga, mimpi yang dialami pria dan wanita pun akan berbeda reaksi fisiknya. Untuk Pria cenderung akan bermimpi tentang pria lain sedangkan wanita cenderung berimbang memimpikan soal pria dan wanita.

Orang buta juga bermimpi
Meskipun seseorang terlahir tidak dapat melihat, namun ternyata mereka juga mengalami mimpi saat sedang tidur. Hanya saja, mimpinya bukan berupa “gambar-gambar” seperti mimpi yang kita alami, tetapi mereka mimpi yang mereka rasakan cenderung lebih kepada emosi, suara, dan sentuhan yang mereka rasakan sehari-hari.

Anda akan melupakan 90% mimpi Anda
Pernahkan Anda bermimpi lalu saat terbangun Anda sudah lupa dengan mimpi yang Anda alami barusan? Tau gak sih 😀 Fakta membuktikan bahwa sekitar 5 menit setelah kita terbangun dari tidur, kita akan segera melupakan sekitar 50% dari mimpi kita. Dan 10 menit kemudian, 90% dari “jalan cerita” si mimpi tadi akan benar-benar terlupakan. Namun ada sebagian mimpi yang bisa kita ingat sih. :p

Mimpi2Kita hanya memimpikan sesuatu yang kita ketahui
Tak jarang, kita bermimpi bertemu dengan orang asing dan berada ditempat yang juga asing. Namun sebenarnya otak kita tak asal-asalan menciptakan mimpi itu, karena semua hal yang kita mimpikan sebenarnya sudah pernah kita lihat hanya mungkin kita sudah melupakannya.

Selama hidup tentunya Anda sudah pernah melihat ratusan ribu wajah dan tempat, para ahli percaya kalau memori otak manusia memiliki kemampuan luar biasa untuk merekam semua itu, jadi otak yang kita miliki ini tak akan pernah kehabisan “pemeran film dan setting” yang akan diputar di dalam mimpi Anda.

Mimpi tidak seperti yang kita lihat
Sebenarnya, Apa yang dilihat di dalam mimpi merupakan simbolisasi dari hal lain. Sewaktu tidur, otak Anda akan bekerja secara kreatif. Maka dia akan menggali database memory Anda sedemikian dalamnya sampai seringkali Anda sendiri akan takjub dengan mimpi aneh Anda. Layaknya puisi, mimpi kadang merupakan penggambaran simbolisasi yang sangat dalam, oleh karena itu banyak orang yang ingin menafsirkan arti dari mimpinya.

Mimpi mencegah gangguan emosi
Sebuah penelitian yang melakukan percobaan pada orang yang tidur dan dibangunkan pada awal mimpinya namun tetap diperbolehkan tidur selama 8 jam setiap harinya ternyata setelah 3 hari, orang itu mempunyai gangguan konsentrasi, mudah marah dan berhalusinasi serta memiliki beberapa tanda gangguan emosi lainnya dibandingkan dengan orang yang tidurnya kurang dari 8 jam setiap hari tanpa dibangunkan hingga ia selesai bermimpi.

mimpi-indah

Rangsangan dari luar akan mempengaruhi mimpi kita
Pernahkan anda bermimpi merasa haus dan ingin minum, dan saat terbangun pun Anda juga merasakan haus? Kalau pernah itulah yang disebut “dream incorporation”. Fenomena itu biasanya terjadi karena tubuh Anda membutuhkan sesuatu yang kemudian dikomunikasikan dengan pikiran Anda sehingga disampaikan lewat mimpi yang sedang Anda alami.

Mimpi cenderung mempunyai “tema”
Setiap kali kita bermimpi umumnya ada tema tentang mimpi itu. Misalnya, mimpi bertema di sekolah, jalan-jalan dengan keluarga atau orang yang disuka, lari di tempat, mimpi menjadi artis atau super hero mungkin :p, dan lainnya.

Itulah beberapa fakta tentang mimpi. Sekian dari saya, moga bermanfaat dan terimakasih.

Fakta MIMPI | Khodijah | 4.5