Jeruk Anadomikan, Jeruk Segilima

In Pertanian 2599 views

Jeruk yang kita kenal selama ini bentuknya bulat, berwarna oranye segar ada yang kuning kehijauan, dengan rasanya yang asam manis segar. Jeruk juga mendapatkan piagam penghargaan ๐Ÿ˜€ sebagai buah favorit masyarakat dibelahan dunia manapun.buah jeruk sangat digemari oleh berbagai kalangan.

Namun ada salah satu jeruk yang cukup unik bentuknya, yaitu jeruk Anadomikan. jeruk yang ditemukan di Jepang ini merupakan jeruk yang dikembangkan menjadi segilima bentuknya. Para petani Jepang memainkan kreatifitasnya dan mengubah jeruk yang bulat menjadi segilima bentuknya.

Jeruk AnadomikanJeruk dengan bentuk segilima ini merupakan pengembangkan holtikultura jenis jeruk iyokan dikenal pula dengan nama anadomikan. Sebelum jeruk anadomikan ini, Jepang pun telah mengembangkan satu jenis jeruk yang banyak peminatnya yaitu mikan unshu atau sering disapa jeruk Sunkist. Jeruk Sunkist memiliki kulit lebih tebal dengan rasanya sedikit asam namun citarasa segar khas jeruk sangat terasa.

Nah, setelah sukses dengan jeruk Sunkist-nya, Jepang lalu melakukan pengembangan kedua, dan dihasilkanlah anadomikan. Awalnya, saya pikir ada jeruk anadomikan ini sudah berbentuk segilima dari sananya, tetapi sebagaimana yang dilansir disitus Daily Mail, jeruk anadomikan ini diproduksi dengan cara memasukkan buah jeruk yang hampir matang ke sebuah cetakan segilima dari kayu. Oalah ๐Ÿ˜€

Jeruk anadomikan 1Petani yang berhasil membuat anadomikan ini juga memberi nama untuk jeruk ini dengan istilah โ€œGokaku no Iyokanโ€, maksudnya beraroma manis dan berhasil dalam ujian.mungkin dari namanya itu, buah jeruk gokaku no iyokan ini oleh para siswa Jepang ditafsirkan membawa keberuntungan keberhasilan saat ujian :D, sehingga buah ini pun dipercaya demikian(tapi kita gak boleh loh percaya beginian). ๐Ÿ™‚ Alhasil, biasanya jeruk ini menjadi makanan yang dikonsumsi para siswa saat akan menghadapi ujian.

Sebaiknya sih positif thinking aja, buah jeruk kan mempunyai kandungan vitamin C yang cukup banyak. Nah, saat kita mengonsumsi buah jeruk ini akan membantu memenuhi asupan vitamin C tubuh, hingga berdampak pada fungsi otak kita yang mudah mencerna berbagai soal ujian yang tertera di lembar soal ujian. So, kita akan mudah mengerjakan soal-soal tadi. Hehe.

Jeruk Anadomikan2Mau tau siapa saja petani hebat dengan ide cemerlangnya menciptakan sesuatu yang baru dan cukup diminati dunia? Baiklah ini dia petani-petani hebat itu. Yang pertama ada adalah Keisuke Ninomiya, kedua Akihiro Nagaoka dan terakhir Jo Kubota. Mereka adalah petani yang menjadi anggota kelompok petani Hiduchi Tachibana. Jeruk ini oleh ketiga petani tersebut dipersembahkan sebagai hadiah untuk para siswa di musim ujian di Yawatahama, Ehime.

Nah itu ulasan seputar si jeruk unik. Sebagai tambahannya saya akan mengulas sedikit tentang manfaat jeruk secara umum bagi kesehatan tubuh kita. Check it out.

Jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi, vitamin C ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi pada telinga, mencegah tubuh dari serangan penyakit flu, dapat membantu mengusir radikal bebas yang dapat merusak DNA sehingga resiko kanker usus pada tubuh bisa dihindarkan.

Selanjutnya, kandungan antioksidan pada buah jeruk berguna untuk melindungi kulit tubuh dari paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan rusaknya kulit.
Tak hanya itu saja, terdapat kandungan vitamin B6 dalam jeruk berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah dan mendukung hemoglobin dlm tubuh.

Dan satu lagi yakni kandungan seratnya dapat mencegah penyakit diabetes, juga dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

Nah demikian ulasan kali ini, harapan saya bisa menambah wawasan teman-teman pembaca. Sekian ๐Ÿ™‚

Tags: #Buah Jeruk #Jeruk Anadomikan #Jeruk Segilima #Manfaat Buah

Author: 
Khodijah is my Name :) Khodijah9491Ad@yahoo.com
Cara Budidaya Ikan Cupang
Cara Budidaya Ikan Cupang
Ikan cupang banyak digemari karena bentuknya yang
GO PANGAN LOKAL YUK !
GO PANGAN LOKAL YUK !
GO PANGAN LOKAL YUK ! Indonesia merupakan

Leave a reply "Jeruk Anadomikan, Jeruk Segilima"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top