Kapsul Waktu 400 Tahun

Namsangol Hanok Village sebenarnya lebih cocok disebut sebagai kompleks museum. Karena rumah-rumah yang ada, tidak dipergunakan sebagai tempat tinggal sebagaimana Bukchon Hanok Village, kampung tradisional lainnya di Korsel. Tapi khusus untuk menampilkan perabotan dan barang-barang lainnya di Dinasti Joseon. Tata letak perabotan sesuai dengan penempatan asli pada saat rumah tersebut masih digunakan. Sehingga, saat sedang berada di Namsangol Hanok Village, Anda tidak hanya akan belajar mengenai arsitektur dari Hanok, tapi juga beberapa aksesori perlengkapannya. Termasuk tata letak perabotannya. Buada kuno Korea memang masih sangat dipengaruhi oleh budaya China. Tidak heran bila setiap sudut rumah di Hanok tradisional, sangat diperhatikan tata letaknya.
Jika kita ingin memiliki barang-barang seperti yang dipamerkan dalam runah-rumah tersebut, Anda bisa mampir ke pameran yang ada di kawasan ini. Anda bisa membeli souvenir, seperti piring dan teh tradisional. Anda juga bisa mencoba beberapa permainan tradisional Korea seperti Tuho (permainan tongkat kayu). Jangan lupa untuk melihat upacara perkawinan tradisional Korea yang biasanya dihelat di Namsangol Hanok Village. Anda bisa berfoto bersama mempelai sebagai kenang-kenangan.
Satu yang harus Anda ketahui, di dalam tanah Namsangol Hanok Village, pada tanggal 29 November 1994, telah dikubur apa yang dinamakan Time Capsule Plaza. Kapsul ini dipendam sedalam kurang lebih 15 meter dan berisi setidaknya 600 item benda yang mewakili kehidupan dan budaya masyarakat Korsel saat ini. Kapsul ini sengaja dipendam untuk meninggalkan jejak sejarah untuk generasi yang akan datang, dan akan dibuka 400 tahun kemudian.
Asyiknya, untuk berkeliling Namsangol Hanok Village, Anda tidak dipungut biaya alias gratis. Untuk mencapai tempat ini Anda bisa naik subway jalur tiga atau empat menuju Chungmuto Station dan turun melalui pintu exit 3 atau 4. Namsangol Hanok Village buka pukul 09.00-18.00 pada bulan November sampai Maret. Sedangkan pada bulan Juni hingga Agustus buka dari jam 09.00-20.00. Untuk bulan April hingga Mei dan September sampai Oktober, Namsangol Hanok Village buka dari pukul 09.00-19.00 waktu setempat. Khusus pada hari selasa tempat ini tutup. Jika kebetulan hari selasa adalah hari libur maka akan dibuka, namun pada hari rabunya akan ditutup.

Kapsul Waktu 400 Tahun | Ririn Indah Kurniawati | 4.5