Kehamilan dan Segala Keluhannya yang Patut Disyukuri

In Ilmu Pengetahuan, Kesehatan 1322 views

Bagaimana reaksi anda ketika tahu anda hamil? Senang dan haru pastinya melebur menjadi satu. Lantas siapkah anda dengan segala tantangan ke depan selama kehamilan? Jika anda baru saja dinyatakan hamil mungkin keluhan-keluhan yang terjadi belumlah terasa mengganggu. Berikut keluhan yang kerap dialami ibu hamil, terutama di trimester pertama.

1. Mual muntah. Mual muntah yang terjadi tidaklah hanya di pagi hari. Masayarakat umum biasa menyebutnya sebagai Morning Sickness, padahal keluhan ini hampir selalu terjadi sepanjang hari. Penyebabnya adalah Mual dan muntah ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Selain itu mual dan muntah dapat terjadi bila ibu mencium aroma makanan tertentu. Sekalipun mual muntah ini akan menghilang pada trimester kedua, akan tetapi ada baiknya calon ibu tetap memperhatikan asupan gizinya karena pada trimester ini organ-organ janin mulai terbentuk dan berkembang perlahan. Selain memperhatikan asupan gizi, ibu hamil juga sebaiknya mengkonsumsiĀ  vitamin. Jangan sampai terjadi kekurangan cairan akibat mual muntah hebat yang terjadi. Cara mengatasi mual muntah ini adalah dengan mencoba memakan buah-buahan. Buah-buahan dipercaya turun temurun mampu mengurangi rasa mual, terutama buah-buahan segar seperti pepaya dan pisang. Cara selanjutnya adalah dengan makan dalam jumlah sedikit tetapi sering. Serta carilah makanan pengganti dari makanan yang membuat anda merasa mual. Jika anda mual makan nasi, maka cobalah untuk menggantinya dengan kentang rebus.

2. Demam dan meriang. Sebagian ibu hamil akan mengalaminya selama trimester pertama. Terutama jika ibu adalah tipikal orang dengan sensitifitas tubuh yang tinggi. Penyebab demam ini adalah karena terjadinya reaksi penolakan terhadap janin di dalam tubuh. Tubuh menganggap janin adalah benda asing yang akan merusak tubuh sehingga terjadilah perlawanan. Bagaimana cara mengatasinya? Anda dapat lebih banyak beristirahat dan minum air putih lebih banyak. Selain itu, jika panas tidak kunjung turun hingga berhari-hari, anda dapat meminum penurun panas paracetamol yang terbukti aman bagi ibu hamil. Jus buah-buahan juga dapat menurunkan demam anda. Ingat, jus buah yang dimaksud adalah jus buah tanpa es.

3. Nyeri Punggung, nyeri pinggang, dan nyeri perut bawah. Ketiga hal ini umumnya terjadi pada trimester dua dimana janin telah berkembang cukup pesat. Janin yang kini telah benar-benar berbentuk mirip manusia atau kita sebut dengan calon bayi telah mengalami pertumbuhan organ dengan sempurna. Ia kini telah membentuk tulang-tulang untuk menyempurnakan bentuk organ-organnya. Pembentukan tulang dan perkembangannya inilah yang membuat bayi dan anda menjadi berebut kalsium. Kurangnya kalsium pada tubuh anda menyebabkan nyeri punggung. Sedangkan nyeri pinggang yang terjadi adalah karena bobot bayi yang bertambah dan bertumpu pada tulang pinggang anda. Anda akan merasakan beban yang cukup meningkat pada pinggang anda. Bagaimana dengan nyeri perut bawah? Selamat, itu artinya bayi anda sedang akrobat dan memutar-mutar tubuhnya di area itu.

Tags: #kehamilan #keluhan

Author: 
Seseorang yang menggemari dunia.kesehatan dan financial :) Berharap dapat menjadi orang penting yang bermanfaat bagi sesama :D
3 cara jitu menghilangkan bekas luka
3 cara jitu menghilangkan bekas luka
Bekas luka di tangan atau dikaki sangat
Bahaya Tertawa Berlebihan
Tertawa sangat baik untuk kesehatan dan membuat
Tips Dan Makanan Sehat Penderita Asam Urat
Sekarang ini banyak sekali penyakit yang menyerang
Pentingnya Vaksin TORCH dalam Perencanaan Kehamilan
Kehamilan adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan.

Leave a reply "Kehamilan dan Segala Keluhannya yang Patut Disyukuri"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top