Kenali Tanda-Tanda Ia Sedang Berbohong

Kenali Tanda-Tanda Ia Sedang BerbohongKenali Tanda-Tanda Ia Sedang Berbohong | Pernahkah kalian dibohongi oleh seseorang? Sebagian besar pasti pernah ya. Saya pun pernah mengalaminya. Rasanya tidak enak. Ya, iya lah. Masak enak dibohongi? Semprul. Hehe… Terutama dalam hal mencintai, dibohongi tuh sakitnya di sini (Nunjuk dada. “Ih, panuan”).

Banyak motif orang mengambil langkah berbohong. Kadang karena ingin mengelabui orang yang dibohongi, kadang karena takut dimarahi, atau terkadang karena terjebak terhadap sebuah pilihan. Semua itu tentu punya efek tersendiri yang bisa merendahkan derajat seseorang. Untuk mereka yang berbohong kepada atasan, hati-hati karir Anda bisa habis. (Baca Juga: Sejarah Islam dan Dua Muslim Pertama di Jepang)

Dr. Lillian Glass, seorang analis bahasa tubuh dan perilaku manusia, mengatakan bahwa sebenarnya orang yang berbohong itu bisa dikenali ciri-cirinya. Gerakan dan bahasa tubuhnya bisa dideteksi apakah orang yang ada di hadapan kita sedang berbohong atau tidak.

Satu syarat yang harus kita punya untuk bisa menangkap kebohongan seseorang adalah sebelumnya kita sudah harus tahu bagaimana sikap dan bahasa tubuh orang tersebut dalam keadaan normal. Nah, ini tidak berlaku kepada mereka yang baru kita kenal. Orang yang baru kita kenal akan sulit direkam sikap tubuh dan perilakunya. (Baca Juga: Cinta Tak Cukup Dijadikan Modal Menikah)

Lalu, apa saja ciri-ciri orang yang sedang berbohong?

Posisi Kepala Berubah

Kalau orang yang kita hadapi mengubah posisi atau menggerakkan kepalanya saat kita tanya kebenaran ucapannya, kemungkinan besar dia sedang berbohong. Yang perlu dicatat, akitvitas tersebut tidak biasanya dilakukan dalam pembicaraan yang lain.

Pernapasan Berubah

Pernahkan kalian menemukan orang yang bicaranya tidak jelas dan napasnya tambah cepat? Nah, kemungkinan dia sedang berbohong karena pada saat berbohong napas orang bergerak lebih cepat. Detak jantung dan aliran darah akan meningkat saat seseorang sedang berbohong. (Baca Juga: Siapakah Sahabat Sejati itu?)

Kesulitan Berkata-Kata

Ini adalah ciri yang paling mudah kita kenali. Saat orang berbohong, mereka akan terasa sulit mengungkapkan kata-kata. Memang ada sebagian dari pembohong itu yang pandai bersilat lidah, tapi itu kelihaian yang sulit didapatkan karena butuh ketenangan berpikir dan kepandaian berakting.

Pada saat berbohong, tingkat stress dalam tubuh seseorang akan meningkat. Wajarlah jika mereka akan terbata-bata saat berbicara. Sistem nervous akan secara otomatis menurunkan aliran saliva yang membuat mukus mulut menjadi kering. (Baca Juga: Macam-Macam Istilah Cinta dalam Islam)

Mata Suka Berkedip

Selain sulit bicara, orang yang berbohong biasanya juga suka mengedipkan mata. Kedipan mata tersebut menandakan bahwa ia sedang panik karena menyembunyikan kebohongannya.

Ada sebagian orang yang mencoba mengelabui pandangan ini dengan cara menatap mata orang yang dibohongi. Hal itu untuk meyakinkan bahwa ia tidak sedang berbohong. Untuk situasi yang demikian, kita bisa melihat dari seberapa lama tatapannya dan seberapa jarang ia berkedip. Semakin lama jeda waktu berkedip, kemungkinan ia sedang berdusta. (Baca Juga: Melirik Khasiat dari Tanaman Jahe)

Sering Mengubah Posisi Kaki

Kalau orang yang ada di hadapan kita suka mengubah posisi kaki, padahal pada saat perbincangan biasa ia tak melakukan itu, kemungkinan ia sedang berbohong. Itu membuktikan bahwa ia sedang merasa tidak nyaman dengan situsi tersebut dan merasa harus segera hengkang.

Nah, setelah kita ketahui beberapa ciri-ciri orang yang sedang berbohong, sebaiknya perlu waspada terhadap kebohongan yang mungkin ditimbulkan oleh teman kita sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua.

(diolah dari berbagai sumber)

Kenali Tanda-Tanda Ia Sedang Berbohong | Fahrur Rozi | 4.5