Kontes SEO – antara Keuntungan, Kerugian dan Resikonya

In SEO 1322 views
Kontes SEO – antara Keuntungan, Kerugian dan Resikonya Hi all, jumpa lagi dengan saya di Blog Cara Ririn. Kali ini saya tidak akan membahas tentang tips ataupun tutorial blogspot, melainkan akan membahas tentang hasil review saya terkait dengan kontes SEO. What is Kontes SEO? Adalah salah satu lomba yang diselenggarakan oleh pihak tertentu (perusahaan, individu, penyedia layanan jasa, dll) untuk memperkenalkan, memasarkan, dan membuat nama baik produknya kepada masyarakat netizen.

Kontes ini sudah lama dilakukan oleh berbagai pihak, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Pihak penyelenggara sudah mempersiapkan hadiah kepada para pemenang lomba. Semua orang bisa berpartisipasi pada lomba ini. Nah, biasanya para blogger dan webmaster yang ikut.
Caranya sangat sederhana. Anda hanya perlu cari informasi tentang kontes SEO, baca deadline nya, dan pahami ketentuannya, baru kemudian menulis artikel review di blog anda masing-masing. Setelah itu baru daftar. Nah, apabila anda beruntung, maka anda akan memperoleh hadiah dari pihak penyelenggara kontes. Berminat?
Kontes SEO - antara Keuntungan, Kerugian dan Resikonya
Image by uptodat3.blogspot.com
Mungkin sebagian dari anda sudah pernah ikut kontes SEO, dan mungkin sudah pernah menang. Mungkin ada juga yang belum pernah ikut, atau mungkin nggak mau ikut sama sekali. Semuanya syah-syah saja. Karena interest antara kita tidak sama. Bagi anda yang belum pernah ikut kontes SEO, tidak ada salahnya untuk mencoba nya. Tapi, anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

Keuntungan Mengikuti Kontes SEO

1. Menang dan dapat hadiah
Siapa sih yang nggak suka kalau dapat hadiah? Saya kira semuanya suka. Saya pun demikian. Apalagi hadiah dari kontes SEO. Pasti sangat besar dan biasanya hingga mencapai jutaan rupiah. Namun, untuk bisa menang dalam kontes ini tidak mudah. Postingan blog anda harus berada di halaman pertama Google, dan minimal menempati urutan ke 10. Tentu hal itu bukan hal mudah, karena peserta kontes biasanya jumlahnya puluhan, bahkan sampai ratusan.
2. Uji kemampuan skill SEO
Anda bisa uji kemampuan seberapa besar sih skill SEO anda. Disini yang ikut kontes beranekaragam. Ada yang masih blogger pemula, ada yang sudah master, dan bahkan ada juga yang langganan ikut kontes SEO. Mereka semua berlomba-lomba untuk memenangkan kontes ini. Semua jurus dan teknik SEO dikeluarkan semua, baik itu secara offpage maupun onpage. Kalau anda belum bisa menang, mungkin ilmu seo anda masih rendah, atau mungkin bisa juga belum beruntung. Sehingga anda perlu balajar lagi tentang SEO dan mencoba nya lagi pada kesempatan kontes SEO yang akan datang.
3. Punya pengalaman
Setelah anda ikut kontes SEO, anda akan dapat ilmu banyak. Ilmu yang paling berharga dan tiada duanya adalah pengalaman, karena pengalaman adalah guru yang terbaik. Minimal anda paham tentang apa itu SEO? bagaimana melakukannya? dan manfaatnya untuk apa?

Kerugian Mengikuti Kontes SEO

1. Jadi penulis artikel review gratis
Pernah mendengar bisnis online PTR atau Paid To Review? Itu lho cara dapat duit dari menulis artikel review produk. Ketika anda menulis artikel review PTR, anda akan menyisipkan link ke situs tertentu dan dalam artikel tersebut membahas tentang kelebihan dari produk tertentu. Anda akan dibayar dengan bayaran yang bervariasi pada program PTR tersebut setiap artikel yang anda tulis di blog. Bahkan bisa mencapai 100 ribu rupiah ($ 10 USD) per artikel.
Kalau anda ikut kontes SEO, anda juga diwaibkan menulis artikel review dengan topik tertentu yang sudah di tetapkan oleh pihak penyelenggara kontes. Bedanya dengan PTR adalah artikel anda tidak akan dibayar kalau kalah kontes SEO. Kalau menang, lain lagi ceritanya. Tapi kalau PTR, pasti dibayar artikelnya.
2. Pasang banner iklan gratis
Biasanya peserta kontes diwajibkan memasang banner situs pihak penyelenggara kontes di blog masing-masing. Kalau trafik blog anda rendah sih tidak masalah. Tapi kalau trafik blog anda tinggi, anda rugi besar, karena banner tersebut dipasang secara gratis di blog anda. Padahal, apabila space di blog anda di sewakan oleh advertiser, maka anda akan mendapatkan uang. Baca Cara Mendapatkan Advertiser di Blog Anda.
3. Melakukan spam dimana-mana
Untuk mendapatkan posisi yang bagus di SERP Google, anda pasti melakukan optimasi SEO secara offpage. Banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya submit artikel ke social bookmark, melakukan ping, berkomentar di blog lain, dan lain sebagainya. Kalau optimasi nya secara wajar sih tidak masalah. Yang jadi masalah adalah melakukan spam dimana-mana. Anda mungkin tidak rugi, tapi blog lain yang diberi komentar spam yang akan rugi besar.
4. Rugi waktu, tenaga, dan fikiran
Kalau dipikir-pikir anda akan rugi waktu, tenaga, dan fikiran apabila ikut kontes SEO. Kok bisa? Iya soalnya anda mengadu nasib yang belum jelas hasilnya. Bagaimana jika pihak penyelenggara kontes kabur? Bagaimana kalau anda kalah? Tentu faktor keberuntungan yang sangat berperan dalam hal ini.
5. Topik artikel cepat out of date
Biasanya rentang waktu kontes SEO bisa berbulan-bulan. Ketika masa kontes tersebut dilaksanakan, keyword tersebut banyak dicari orang, terutama yang sama-sama ikut kontes. Nah, kalau kontesnya sudah berakhir maka sudah tidak ada lagi orang yang mencari informasi terkait dengan topik atau kyword tersebut. Baca lebih lanjut tentang Penyebab Artikel / Postingan Blog Hilang dari SERP Google.

Resiko Mengikuti Kontes SEO

1. Siap kalah
Yang namanya lomba, pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Ketika anda memutuskan untuk ikut lomba, anda harus siap menerima hasilnya baik itu kalah ataupun menang. Kalau kalah, siap-siap gigit jari, alias anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Mungkin anda belum beruntung.
2. Blog berisiko dihapus pihak Blogger
Hati-hati dalam melakukan optimasi SEO pada blog anda. Jangan sampai anda melakukan over optimasi. Karena hal itu menyebabkan blog anda berisiko di hapus pihak Blogger. Baca selengkapnya Penyebab Blog di Hapus Pihak Blogger.
Demikian review sederhana dari saya tentang Kontes SEO – antara Keuntungan, Kerugian dan Resikonya. Semoga dapat bermanfaat. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya. Oh iya, jangan lupa baca juga Cara Cek Blog yang di Banned Google dan Google AdSense. Thanks a lot.

Tags: #Kerugian Kontes SEO #Keuntungan Kontes SEO #Resiko Kontes SEO #Review Kontes SEO Indonesia

Author: 
Hi all, i'm author dicuekin.com. I'm a part time blogger. I like writing, reading, traveling, etc. Thanks, you visited here
Konten adalah Raja dan Backlink adalah Ratu
Konten adalah Raja dan Backlink adalah Ratu
Konten adalah Raja dan Backlink adalah Ratu
Tips Melakukan Optimasi SEO Off Page pada Blog
Tips Melakukan Optimasi SEO Off Page pada Blog
Dicuekin.com – Seperti kita ketahui bersama bahwa
Bagaimana Cara Cek Broken Link / Link Rusak di Blog?
Bagaimana Cara Cek Broken Link / Link Rusak di Blog?
Dicuekin.com – Bagaimana Cara Cek Broken Link
Tips Meningkatkan Pageview Blog dengan Internal Link
Tips Meningkatkan Pageview Blog dengan Internal Link
Dicuekin.com – Sebenarnya beberapa waktu yang lalu

Leave a reply "Kontes SEO – antara Keuntungan, Kerugian dan Resikonya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top