Masjid di Seoul Korsel

Selain merupakan kampung global, salah satu magnet dari Itaewon adalah keberadaan Seoul Central Mosque, satu-satunya masjid yang berada di Seoul. Masjid ini diberi nama bahasa Arab, Siiul Al Markaz. Namun petunjuk jalan yang dibuat pemerintah setempat menuliskannya dengan bahasa Inggris Seoul Central Mosque.

Arsitekturnya yang khas akan membuat wisatawan dengan mudah mengenali masjid ini. Bagi masyarakat setempat dan pemeluk non muslim, masjid ini merupakan titik destinasi wisata karena keindahan arsitekturnya. Apalagi Seoul Central Mosque terletak di ketinggian, antara Gunung Nam dan Sungai Han.

Bangunan masjid terdiri dari 3 lantai, tidak hanya menyediakan tempat untuk shalat berjamaah namun juga terdapat beberapa ruang lain, seperti kantor, ruang kelas, ruang rapat, dan ruang konferensi. Bahkan ada penginapan yang sering dipakai para pekerja asing untuk menginap. Perluasan bangunan ini dilakukan pada tahun 1991 setelah pengella setempat mendapatkan sumbangan dari Pemerintah Arab Saudi sebesar 3,5 miliar won. Di kompleks masjid juga terdapat sebuah organisasi yang mengurusi segala kepentingan politik dan diplomasi umat muslim di Korea Selatan, yaitu Korea Muslim Foundation (KMF).

Seperti layaknya masjid yang berdiri di negara berpenduduk non-muslim. Anda akan melihat bahwa tempat ini didatangi oleh orang-orang beragam kebangsaann, seperti Mesir, Libya, Suria, Sudan, Pakistan, Bangladesh, Turki, dan tentu saja Indonesia. Mereka pada umumnya adalah para pekerja asing yang mengadu nasib di Korsel. Ada juga penduduk asli yang menjadi mualaf.

Masjid ini juga menjadi tujuan wisatawan yang ingin menunaikan shalat Jum’at. Setiap hari Jum’at paling tidak ada 800 jamaah melaksanakan shalat. Menyadari bahwa jamaah shalat Jum’at di masjid ini berasal dari berbagai negara, maka khutbah Jum’at diberikan dalam 2 bahasa yakni Arab dan Inggris.

Uniknya, lokasi Seoul Central Mosque ini berada di dekat basisi militer AS di Korea Selatan. Jadi jangan heran jika Anda akan melihat sekelompok tentara Amerika hilir mudik di kawasan ini.

Masjid di Seoul Korsel | Ririn Indah Kurniawati | 4.5