MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DENGAN BIJAK

MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DENGAN BIJAK

Dewasa ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat. Salah satunya adalah media komunikasi jarak jauh seperti telepon, sms, e-mail dan sebagainya. Dan sekarang yang paling marak adalah berkembangnya situs media sosial yang lebih mempermudah komunikasi manusia, seperti facebook, line, twitter, wechat, dan lainnya. Cukup dengan mendaftarkan diri ke situs-situs tersebut secara geratis, kita bisa menggunakannya untuk selamanya. Sekarang, jarak tidak menyulitkan manusia untuk saling berkomunikasi. Seperti halnya facebook, kita bisa chatting dengan teman-teman kita maupun mengomentari status yang mereka buat.

Dalam perkembangannya, facebook sekarang menjadi media untuk melakukan curhat. Yang lebih banyak adalah dilakukan oleh kaum remaja. Para remaja kebanyakan mengeluarkan unek-uneknya melalui media sosial, dan mereka merasa lega jika menuangkan bebannya disana. Namun, tanpa disadari terkadang mereka mengeluarkan unek-uneknya dengan menyalahi aturan atau terang-terangan menyinggung orang lain. Sehingga sering terjadi adu mulut di media sosial. Bahkan adu mulut tersebut bisa menjatuhkan nama baik orang lain. Akibatnya, masalah seperti itu sampai ke persoalan pidana karena telah menyalahi Undang-undan ITE (informasi dan transaksi elektronik).

Lalu bagaimana cara kita menggunakan media sosial sesuai UU ITE? Pada dasarnya apa yang dikandung dalam undang-undang ITE adalah hal-hal yang sudah diketahui oleh masyarakat yang itu tidak boleh dilakukan. Salah satunya adalah seperti penjatuhan nama baik. Seperti halnya di dunia nyata yang dilarang mencemarkan nama baik orang laing, di media sosial pun demikian. Oleh karean itu, apa-apa yang kita lakukan di media sosial harus sesuai dengan norma-norma yang berlaku di dunia nyata. Konsekuensianya, ketika ingin mengeluarkan unek-unek maupun masalah-masalah yang lain harus lebih diperhatikan. Jangan sampai apa yang kita share itu menjatuhkan orang lain. Sehingga kita menjadi manusia yang bijak dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DENGAN BIJAK | ahmadrosyid | 4.5