Ngeblog Itu Penuh Pengorbanan

Ngeblog Itu Penuh PengorbananKegiatan ngeblog akan menguras energi tubuh. Juga akan memakan waktu banyak, bahkan duit di kantong. Pendek kata, ngeblog itu membutuhkan pengorbanan. Namun demikian, ada tujuan yang hendak dicapai di balik semua itu. Tujuan itu tergantung pada masing-masing blogger.

Duduk berlama-lama di depan komputer. Memplototi layar segi empat yang memancarkan gelombang cahaya ke mata sambil melakukan aktivitas ngeblog. Mulai menulis artikel untuk dipublikasikan di blog. Satu atau sekian buah artikel per hari. Ini membutuhkan energi otak yang luar biasa. Energi itu berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Selanjutnya melakukan kegiatan blogwalking. Tidak mungkin selesai menulis artikel kemudian mempublikasikan dan langsung tutup komputer. Lantas, siapa yang akan baca artikel yang ada di blog? Memang, blogwalking bukan satu-satunya cara mendapatkan pengunjung blog. Namun kegiatan blogwalking akan mendatangkan banyak keuntungan seperti yang sudah sering ditulis oleh para blogger.

Untuk bisa ngeblog, harus membuat koneksi dengan jaringan internet. Ini pasti butuh duit. Semakin lama melakukan kegiatan browsing internet tentu saja makin banyak dibutuhkan uang. Kuota internet semakin cepat berakhir limitnya sehingga harus diperpanjang lagi.

Mungkin juga karena terlalu sering atau lama duduk di depan komputer akan membuat blogger mengalami sakit pinggang. Lha? Iya, admin matrapendidikan.com juga merasakan sendiri hehehe… Kadang-kadang pinggang ini terasa sakit kemudian melakukan gerakan peregangan kecil-kecilan terhadap tubuh. Setelah itu istirahat tidur beberapa menit saja.

Ternyata memang benar. Ngeblog itu penuh pengorbanan. Namun diharapkan pengorbanan itu akan membawa kemaslahatan untuk blogger sendiri maupun orang banyak.

Ngeblog Itu Penuh Pengorbanan | Udaawak | 4.5