PM Jepang Shinzo Abe Ucapkan Selamat Kepada Presiden Terpilih Jokowi

PM Jepang Shinzo Abe Ucapkan Selamat Kepada Presiden Terpilih JokowiPerdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyampaikan ucapan selamat kepada Joko Widodo, atas kemenangannya dalam Pemilihan Presiden Indonesia untuk periode 2014 – 2019 dan ia meminta Jokowi (panggilan sehari-hari Joko Widodo) mengunjungi Jepang dalam waktu dekat, melalui pembicaraan lewat telepon, hari Rabu, pada sore hari sekitar pukul 16.35 WIB.

-Berharap ke Jepang

Dalam kesempatan tersebut Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas undangan dari PM Abe dan berharap dapat segera berkunjung ke Jepang dalam waktu dekat. Jokowi, seperti yang dikutip oleh pemerintah Jepang, juga berkata bahwa ia berniat untuk bekerja sama dengan Jepang lebih lanjut dengan tujuan memperdalam hubungan mitra strategis kedepannya.

Selama 10 menit pembicaraan, Shinzo Abe menyampaikan walaupun persaingan antar pasangan berlangsung cukup ketat, namun proses pemilihan presiden telah berlangsung dengan lancar. Abe juga mengatakan kepada Jokowi bahwa pendirian Jepang, untuk mendukung perkembangan Indonesia dan tumbuh bersama, tidak berubah.

-Hubungan Win-Win

Dalam bidang ekonomi, Abe menekankan hubungan Jepang dan Indonesia adalah hubungan win-win, saling membantu dan tumbuh bersama. Kebijakan Jepang dalam mendukung pembangunan Indonesia dan tumbuh bersama tidak akan berubah. Jepang bertekad untuk lebih meningkatkan hubungan kemitraan strategis ini dengan bekerja sama dengan Indonesia

Lebih lanjut dia juga mengatakan Jepang dan Indonesia merupakan mitra strategis yang memiliki nilai-nilai dasar yang sama seperti kebebasan, demokrasi dan lainnya, dan peran yang dimainkan kedua negara untuk menjaga perdamaian dan meningkatkan kesejahteraan di kawasan menjadi semakin penting dalam menghadapi perubahan lingkungan keamanan regional.

-Selamat dari Menteri Luar Negeri Jepang

Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida, juga telah mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih untuk Indonesia tersebut. “Pada bulan Juli tanggal 22, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyimpulkan hasil dari Pemilihan Presiden Indonesia untuk periode 2014 – 2019 dan mengumumkan Joko Widodo sebagai pemenang. Pemerintah Jepang sangat menghargai pemilihan Presiden yang berjalan lancar dan memberi selamat kepada Jokowi, karena telah menjadi Presiden yang telah dipilih untuk memimpin Indonesia pada periode selanjutnya,” ucap Kishida.

Kishida menambahkan bahwa Pemerintah Jepang merasa Indonesia sebagai mitra strategis yang sengat penting dan berencana untuk meningkatkan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia yang baru untuk memperkuat hubungan kedua negara.

-Obama, Lee Hsien Loong, Tony Abbott, dan Najib Razak

Presiden Amerika Barack Obama, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan Perdana Menteri Australia Tony Abbott juga telah menghubungi Jokowi untuk mengucapkan selamat melalui telepon. Dan juga pada selasa malam, Perdana Menteri Najib Razak mengucapkan selamat kepada Jokowi melalui akun Twitter, setelah pengumuman dari KPU.

PM Jepang Shinzo Abe Ucapkan Selamat Kepada Presiden Terpilih Jokowi | Moh Rizky | 4.5