Tips Melakukan Optimasi SEO Off Page pada Blog

In SEO 1830 views
Dicuekin.com – Seperti kita ketahui bersama bahwa optimasi SEO bertujuan untuk mendapatkan posisi yang bagus di search engine (Baca: Pengertian dan Kegunaan SEO). Apabila postingan blog kita bisa duduk manis di halaman pertama Google, Yahoo!, Bing, dll maka besar kemungkinan akan banyak mendatangkan pengunjung organik dari search engine. Dan bukan tidak mungkin blog kita akan ramai pengunjung ribuan per hari.

Menurut beberapa sumber bahwa optimasi SEO ada 2 macam yakni optimasi SEO onpage dan offpage. Kedua jenis optimasi tersebut mempunyai teknik dan cara yang berbeda. Disini kita akan membahas optimasi SEO offpage.
Sebelum berbicara lebih lanjut bahwa optimasi SEO offpage merupakan teknik optimasi yang dilakukan di luar halaman blog/web kita. Disini anda tidak perlu men-setting dashboard blogger atau mungkin membuat artikel di blog atau mungkin edit-edit template, melainkan anda perlu jalan-jalan ke berbagai situs/website di luar sana.
Tips Melakukan Optimasi SEO Off Page pada Blog, Trik Mudah SEO, Belajar SEO dan Blog untuk Pemula
Image by larrysincomeblog.com

Tips Melakukan Optimasi SEO Off Page pada Blog

1. Submit Artikel ke Social Bookmark
Pernah dengan situs Social Bookmark? Itu lho situs yang menerima dan merangkum artikel dari berbagai blog atau website. Situs tersebut bisa membantu blog anda untuk meningkatkan trafik, karena situs tersebut mempunyai pegarank dan alexa rank yang bagus. Yang perlu anda lakukan adalah mendaftar dan submit artikel ke situs social bookmark. Ada banyak sekali situs social bookmark di internet. Antara lain adalah lintas.me, infogue.com, dll.
2. Berkomentar di Blog Dofollow, Pagerank Tinggi, Alexa Rank Langsing
Anda perlu mencari backlink berkualitas dari berbagai blog atau website. Usahakan blog yang akan anda beri komentar adalah blog bertrafik tinggi yang mempunyai pagerank dan alexa rank yang tinggi. Selain itu juga blog dofollow. Anda pasti bertanya, dimana saya bisa menemukan blog dofollow? Baca selengkapnya Daftar Blog Dofollow Indonesia Terbaru.
3. Share Artikel ke Social Media
Usahakan setiap setelah penerbitan posting terbaru di blog, diikuti dengan melakukan share ke social media. Tujuannya selain bisa menjaring pemirsa dari social media, juga bisa memperoleh backlink dari situs social media tersebut.  Hingga sampai saat ini, jejaring sosial yang paling potensial untuk mendatangkan trafik adalah Google+, Facebook, dan Twitter.
4. Pasang Iklan Baris Gratis
Tidak ada salahnya sekali-kali mempromosikan blog/web anda di situs Pasang Iklan Baris. Tujuan nya adalah selain bisa mengiklankan blog anda, juga bisa memperoleh backlink dari situs tersebut. Ada banyak website yang menyediakan pemasangan iklan gratis. Antara lain adalah PasangIklanBaris.org, Internet-Action.info, PasangIklanBaris.asia, PasangIklan.co.id, dan masih banyak lagi.
5. Submit Blog Anda di Direktori Web Blog
Situs ini merupakan situs yang menampung berbagai blog/web untuk memperkenalkan blog kita kepada para blogger lain. Jika blog anda masih relatif baru, tidak ada salah nya untuk submit ke situs Direktori Web Blog. Hal itu dilakukan selain bisa memperkenalkan dan mempromosikan blog anda, juga anda akan mendapatkan backlink gratis dari situs tersebut. Di Indonesia, ada banyak sekali situs jenis ini. Antara lain adalah direktoriweblog.blogspot.com, direktoriweblog.com, webdirektori.blogspot.com, dan masih banyak lagi.
6. Menjadi Penulis Tamu / Guest Blogger
Hal yang jarang dilakukan oleh para blogger tapi sebenarnya menguntungkan adalah menjadi penulis tamu di blog/website lain. Dengan menjadi guest blogger, maka secara tidak langsung blog anda akan di promosikan oleh blog yang menampung guest blogger. Sehingga anda bisa menjaring pengunjung dari blog tersebut. Selain itu, anda bisa juga memperoleh backlink dari blog tersebut. Ada banyak sekali blog/website yang menyediakan fasilitas penulis tamu. Antara lain adalah Isnuansa.com, RizkyZone.com, o-om.com, BlogGuebo.com, dan masih banyak lagi.
7. Melakukan Ping pada Artikel Terbaru
Trik ini bertujuan untuk mempercepat proses indeks yang dilakukan oleh search engine. Sehingga, postingan yang baru diterbitkan beberapa menit di blog, bisa langsung cepat muncul di halaman Google, Yahoo, dan Bing. Sehingga, posting terbaru blog anda berpotensi mendatangkan banyak pengunjung jika bisa segera muncul di search engine. Situs untuk melakukan ping antara lain adalah TotalPing.com, GooglePing.com,dan lain sebagainya.
8. Buat 100 Blog Dummy dari Berbagai Platform
Anda bisa membuat blog dummy. Apa itu blog dummy? Adalah blog yang dibuat secara khusus untuk memperbanyak jumlah backlink yang menuju homepage atau halaman posting blog anda. Diharapkan blog tersebut lintas platform, yang meliputi Blogspot, WordPress, Blogdetik, LiveJournal, Selfhosted, dll. Silahkan baca selengkapnya Daftar Situs Penyedia Blog Gratis. Tidak usah banyak-banyak dalam membuat blog dummy. Saya kira 100 blog saja sudah lebih dari cukup. Usahakan blog tersebut mempunyai tema/topik yang relevan dengan blog anda. Selain itu, sebaiknya blog tersebut diisi dengan konten yang banyak pula. Minimal 20 posting.
9. Menjadi i-Reporter di Surat Kabar Online
Trik ini hampir sama dengan menjadi penulis tamu di blog lain. Tapi kali ini yang menjadi target adalah situs koran online. Disini anda bisa memperoleh backlink dari situs tersebut dengan cara mengirim artikel agar bisa dimuat di website surat kabar online. Sejauh yang saya tahu, situs koran online yang menyediakan fasilitas i-reporter / netizen journalism adalah Merdeka.com. Setiap artikel yang dikirim dan dimuat di situs tersebut, akan disisipi link yang menuju homepage blog anda yang berguna untuk SEO.
10. Mencari Backlink di Situs Forum Dofollow
Di internet ada beberapa situs forum yang ramai pengguna nya. Selain rame, juga mempunyai ranking alexa dan pagerank yang tinggi. Adalah situs Bersosial.com, Ads-id.com, Kaskus.com, Forum.Detik.com, Kompasiana.com, dll yang merupakan situs forum. Disitu anda bisa mencari backlink. Caranya bagaiaman? Anda bisa share artikel atau mungkin bisa juga dengan cara berkomentar dengan menyisipkan link yang menuju blog anda.
11. Tukar Link / Link Exchange antar Sesama Blogger
Anda pasti sudah sering melakukan link exchange. Trik ini sangat berpangaruh terhadap nilai pagerank blog anda. Namun, anda perlu memperhatikan dalam melakukan tukar link. Antara lain (i) anda diharapkan tukar link dengan blog yang satu tema/topik, (ii) usahakan link dipasang di sidebar blog, bukan di halaman tersendiri, (iii) tukar link dengan blog berpagerank tinggi, (iv) jangan berlebihan dalam melakukan link exchange, (v) jangan tukar link dengan blog spam dan blog pornografi. Trik ini cukup berisiko, tapi bisa meningkatkan pagerank blog anda dalam waktu singkat. Baca selengkapnya tentang Manfaat dan Risiko Tukar Link.
12. Rajin Blogwalking ke Blog Sahabat
Blogwalking merupakan aktivitas saling berkunjung dan berkomentar di blog lain. Aktivitas ini sarat akan manfaat. Oleh karena itu, sebaiknya anda membiasakan diri untuk melakukan blogwalking. Selain bisa mengundang pengunjung blog, juga bisa menjalin persahabatan antar sesama blogger. Pelajari selengkapnya tentang Tips Melakukan Blogwalking. Agar anda bisa mendapatkan backlink dari blog teman, silahkan gunakan opsi Name/Url atau OpenID Blogger saat anda berkomentar.
13. Mendaftarkan Blog di Search Engine dan Mengirim Sitemap
Agar blog anda bisa muncul di search engine, anda perlu mendaftarakan diri ke berbagai situs search engine. Baru kemudian mengirim sitemap ke search engine. Sehingga blog anda dan juga halaman posting blog anda bisa di indeks secara keseluruhan di mesin telusur tersebut. Situs search engine yang paling potensial dalam hal ini adalah Bing, Yahoo!, Google, dll (Baca: Macam-macam Situs Search Engine).
14. Buat Template dan Widget Sendiri, Kemudian di Share
Trik ini tidak bisa dilakukan oleh setiap orang, yang dalam hal ini adalah para blogger. Untuk bisa membuat template dan widget sendiri dibutuhkan pemahaman tentang CSS, HTML, JavaScript, dll. Kalau anda bisa membuat template atau widget sendiri, anda bisa share hasilnya agar buatan anda tersebut bisa digunakan oleh blogger lain. Jangan lupa untuk selalu menyisipkan link yang menuju blog anda. Sehingga anda akan mendapatkan backlink gratis dan berkualitas dari blog yang memakai widget dan atau template buatan anda.
Demikian tips sederhana dari saya tentang Tips Melakukan Optimasi SEO Off Page pada Blog. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Thanks for visit and comment in this post.

Tags: #Belajar SEO Blogspot #Optimasi SEO Offpage #Tips SEO WordPress #Trik Mudah SEO

Author: 
Hi all, i'm author dicuekin.com. I'm a part time blogger. I like writing, reading, traveling, etc. Thanks, you visited here
Konten adalah Raja dan Backlink adalah Ratu
Konten adalah Raja dan Backlink adalah Ratu
Konten adalah Raja dan Backlink adalah Ratu
Bagaimana Cara Cek Broken Link / Link Rusak di Blog?
Bagaimana Cara Cek Broken Link / Link Rusak di Blog?
Dicuekin.com – Bagaimana Cara Cek Broken Link
Tips Meningkatkan Pageview Blog dengan Internal Link
Tips Meningkatkan Pageview Blog dengan Internal Link
Dicuekin.com – Sebenarnya beberapa waktu yang lalu
Darimana Datangnya Pengunjung Blog?
Darimana Datangnya Pengunjung Blog?
Darimana Datangnya Pengunjung Blog? Ketika awal-awal ngeblog,

Leave a reply "Tips Melakukan Optimasi SEO Off Page pada Blog"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top