Tragedi Sepakbola Yang Berakhir Tragis

Di Sepak Bola 3019 views

heysel2Sepakbola adalah salah satu cabang olahraga paling polpuler di dunia. Olahraga  yang dimainkan 11 pemain dalam satu tim ini disukai oleh orang di seluruh dunia. Ini dibuktikan setiap ada pertandingan sepakbola yang digelar banyaknya penonton yang memenuhi stadion untuk menyaksikan tim kesayangannya bertandingan. Namun ternyata berbagai tragedi sering mewarnai cabang olahraga yang memiliki waktu pertandingan normal selama 2×45 menit ini. Seperti konflik antar suporter, faktor kesalahan manusia hingga sebuah tragedi yang menewaskan para pemain sepakbola itu sendiri. Lalu seperti apakah tragedi yang pernah terjadi di sepakbola dunia ?. Berikut tragedi-tragedi sepakbola dunia:

Peru vs Argentina Tahun 1964
Tragedi sepakbola di dunia pertama dibuka oleh tragedi yang terjadi saat pertandingan kualifikasi Olimpiade yang diadakan di ibukota Lima, Peru antara Tim Nasional Peru melawan Tim Nasional Argentina. Tahun 1964 menjadi tahun kelam bagi dunia persepakbolaan internasional. Pada tanggal 24 Mei 1964 Tim Nasional Argentina yang melawan Tim Nasional Peru tengah memimpin pertandingan dengan skor 1-0 hingga menit akhir. Namun dua menit menjelang akhir pertandingan Tim Nasional Peru sempat menyamakan skor menjadi 1-1 lewat sebuah gol cantik hasil tendangan Carlos Lobaton. Namun sayang wasit menganulir gol tersebut dengan alasan Tim Nasional Peru telah melakukan pelanggaran terlebih dahulu.
Peru vs Argentina 1964 Peru vs Argentina Tahun 1964Keputusan inipun segera menimbulkan kemarahan suporter tim tuan rumah. Ribuan penonton turun kelapangan dan seketika suasana stadion berubah menjadi arena kerusuhan. Penonton yang panik mulai berdesakan menuju pintu keluar. Kejadian ini mengakibatkan 318 orang tewas dan sekitar 500 orang menagalami luka-luka yang diduga karena sesak napas.

Tragedi Munchen 1958
Tragedi Munchen 1958 merupakan tragedi yang tidak akan pernah dilupakan seumur hidup oleh para pendukung kesebelasan Manchester United. Pada tanggal 6 Februari 1958 sejumlah pemain MU baru saja kembali dari pertandingan Piala Eropa musim 1957/1958 melawan Red Star.
Tragedi Munchen 1958 BusbyBabesTragedi Munchen 1958Sebuah tragedi tragis terjadi setelah pesawat Britis Airways yang membawa para punggawa setan merah kecalakaan. Pesawat tersebut kehilangan kecepatan sehingga pesawat tersebut tidak dapat lepas landas. Pesawat menabrak pagar dan melewati ujung landasan yang mengakibatkan ujung pesawat menabrak sebuah rumah penduduk. Akibatnya delapan pemain Manchester United yang mendapat julukan Busby Babes tewas bersama sejumlah suporter dan wartawan. Sebanyak 20 dari 44 penumpang yang berada di pesawat itu tewas seketika dalam kecelakaan.

Kebakaran di Stadion Valley Parade – Inggris
Tragedi yang terjadi di Stadion Valley Parade Inggris dimana pada saat itu sedang diselenggarakan pertandingan liga divisa tiga antara Bradford City melawan Lincoln City pada tanggal 11 Mei 1985. Hari itu adalah hari perayaan Bradford City menjuarai divisi tiga.
tragedia_badford Kebakaran di Stadion Valley ParadeDi tengah pertandingan seorang suporter dengan sengaja membuang puntung rokok yang masih menyala dan melemparnya ke belakang tribun yang terdapat bahan-bahan yang mudah terbakar seperti tumpukan koran dan kain. Akibatnya lima menit sebelum babak pertama usai kebakaran mulai terjadi. Tragedi ini menyebabkan 56 orang tewas dan 250 orang lainnya mengalami luka-luka, wasitpun menghentikan pertandingan.

Tragedi Mesir 2012
Tragedi sepakbola di dunia selanjutnya di Port Said, Mesir. Tragedi ini menyebabkan 74 orang tewas dan ratusan orang lainya luka-luka pasca laga antara Al-Masry dan klub jawara Al-Ahly awal februari 2012 lalu. Tragedi ini bermula ketika ribuan fans fanatik Al-Masry tidak terima tim kesayangannya ditekuk 1-3 oleh Al-Ahly langsung turun ke lapangan mengejar pemain lawan dan menyerangnnya.
Tragedi Mesir 2012 article-2095046-118D9E06000005DC-625_634x422Selanjutnya aksi pembakaran pun terjadi di luar stadion sebagai bentuk protes. Menurut staf medis setempat korban yang tewas rata-rata dari pihak keamanan. Kekerasan dan kericuhan di sepakbola Mesir mulai meningkat pasca panasnya situasi politik di Negeri Piramida.

Tragedi Hillsborough
Tragedi Hillsborough merupakan salah satu tragedi sepakbola terburuk di dunia yang pernah terjadi dalam sejarah persepakbolaan Inggris. Insiden ini terjadi saat pertandingan semifinal Piala FA antara kesebelasan Liverpool melawan Nottingham Forest yang di gelar di stadion Hillsborough kota Sheffield, Inggris 15 April 1989. Saat itu polisi khawatir dengan jumlah fans Liverpool yang begitu banyak di luar stadion hingga akhirnya pihak kepolisian stadion membuka pintu gerbang utama yang menyebabkan fans Liverpool masuk ke gerbang itu secara bersamaan.
Hillsborough disaster 1989 Britain Soccer Hillsborough InquestSementara kondisi di dalam stadion sudah penuh sesak dengan para penonton yang ingin menyaksikan pertandingan tersebut. Akibatnya para suporter tersebut menderita sesak nafas hingga menewaskan 96 orang dan 766 lainnya mengalami luka-luka.

Tragedi Luzhniki 1982
Mungkin pertadingan antara Spartak Moskow melawan tim asal Belanda HFC Haarlem adalah pertandingan Piala UEFA yang paling mengerikan yang pernah di gelar di stadion Luzhniki, Rusia. Ketika itu Spartak Moskow masih memimpin 1-0 hingga beberapa menit sebelum pertandingan berakhir. Dan beberapa penonton mulai terlihat meninggalkan lapangan.
Luzhniki 1982Tapi saat injury time wasit meniup pluitnya yang sambut sorak-sorai penonton. Ternyata Spartak Moskow berhasil mencetak gol kedua. Masa yang dalam perjalan keluar pun ingin kembali masuk. Di sinilah kekacauan yang tak terkendali terjadi yang menimbulkan efek domino sehingga banyak penonton terhimpit dan terinjak-injak. Pemerintah Rusia (Uni Soviet) pun secara resmi mengumumkan korban tewas sebanyak 66 orang. Dalam tragedi ini pihak kepolisian dinilai menjadi pihak yang bersalah. Karena memaksa masa keluar dari jalan yang sempit.

Tragedi Heysel
Tragedi sepakbola selanjutnya terjadi pada tanggal 29 Mei 1985. Tragedi yang terkenal dengan sebutan Tragedi Heysel tersebut terjadi di tengah pertandingan antara Liverpool melawan tim raksasa Italia Juventus diajang Piala Champions yang saat ini  bernama Liga Champions. Peristiwa ini bermula dari fans masing-masing klub yang saling mengejek dan saling melecehkan lalu tiba-tiba saja sekitar satu jam sebelum kick off sekelompok holigan Liverpool menerobos pembatas dan masuk ke wilayah tifosi Juventus. Pendukung Juventus pun berusaha menjauh namun kemudian tragedi pun terjadi.
Heysel Tragedy 5 120928015445-football-heysel-barrier-horizontal-galleryDinding pembatas di sektor tersebut roboh karena tidak kuasa menahan beban dari orang-orang yang terus berusaha merangsek masuk dan melompati pagar. Ratusan orang tertimpa dinding yang berjatuhan. Akibat peristiwa ini sebanyak 39 orang dinyatakan tewas dan 600 lebih lainnya mengalami luka-luka. Akibat peristiwa ini tim-tim dari Inggris dilarang bermain di tingkat internasional selama lima tahun lamanya.

Artikel Terkait:
Alasan-alasan Aneh Kekalahan Di Sepakbola
5 Pesepakbola Asia Paling Sukses di Eropa
5 Kutukan di Dunia Sepakbola versi Dicuekin.com
5 Pemain Sepak Bola Yang Sering “Diving”
Bening dan Imutnya Atlet Voli Altynbekova Sabina

Tags: #Berita Bola Terkini #sepakbola #tragedi

Penulis: 
Foto profil Penulis dan Deskripsi tentang Penulis, silahkan bisa dilengkapi
Alasan-alasan Aneh Kekalahan Di Sepakbola
Alasan-alasan Aneh Kekalahan Di Sepakbola
Gol Tangan Tuhan Diego Armando Maradona menjadi
Liga Primer Inggris 2014/2015: Tim Mana Yang Paling Siap Juara?
Liga Primer Inggris 2014/2015: Tim Mana Yang Paling Siap Juara?
Liga Primer Inggris liga yang paling banyak
5 Pesepakbola Asia Paling Sukses di Eropa
5 Pesepakbola Asia Paling Sukses di Eropa
Eropa merupakan salah satu tujuan utama para

Tinggalkan pesan "Tragedi Sepakbola Yang Berakhir Tragis"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top